HINDU BALI, DHARMA YANG DISALAH PAHAMI, PERBEDAAN HINDU BALI DAN HINDU INDIA



    Apa bedanya Hindu di Bali dengan Hindu di India? ini banyak orang yang mempertanyakan karena orang-orang beda sama di India. orang Bali itu Hindu nya lucu gitu pakai bunga-bunga banyak buahan sedangkan di India kok orangnya jembros nya panjang-panjang kelihatan agak sedikit Kumala gitu maaf ya 

    Juga banyak yang mempertanyakan itu saya juga pernah nanya sama orang-orang bali Apa bedanya kata mereka perbedaannya hanya di kulitnya saja tetapi saya nanya itu waktu saya SMA atau saya awal kuliahan sekarang setelah saya banyak menelusur khususnya tentang agama-agama yang menemukan bahwa Hindu India dengan Hindu Bali itu sama sekali lain Jadi kalau ada pertanyaan apa bedanya Hindu Bali dengan Hindu India saya jujur malah bertanya sebenarnya Apa persamaannya tidak ada persamaannya yang sama jujur adalah hal-hal yang atribut saja jadi untuk barang yang dibeli untuk bayi yang pernah mengenyam agama Hindu Yuk kita bahas sama-sama 

    Kita mulai dari kesalahan dalam definisi ini serampangan dalam definisi Hindu itu dianggap sebagai sebuah agama itu Masalahnya menurut saya pribadi Hindu itu Dharma Bukan agama 

    Hindu itu terdiri atas begitu banyak agama ada upanisad ada Wisnu fakta ada ada begitu banyak Nah mereka semua terangkum dalam hinduisme dan hinduisme itu Darma jadi kalau mau masuk masuk mayoritas di Indonesia yang juga sama-sama terjemahan kita bisa hubungkan dengan Islam 

    Itu udah 

    Dalam bahasa aslinya bahasa Arab itu disebutnya Din bukan milah-milah terjemahkan kedalam agama tetapi jin itu jauh lebih kompleks daripada Mi 

    Begitupun dengan Darma Darma dan agama itu sama-sama dari bahasa Sansekerta serapan dari bahasa Sansekerta agama itu tidak sama itu goncang galau Jadi tidak goncang Teguh pendirian itu agama sedangkan Dharma tidak ada terjemahan dalam bahasa Indonesia mungkin itu kewajiban suci itu mungkin kemanusiaan suci dan sebagainya tidak ada terjemahannya tetapi yang jelas kata Dharma itu jauh lebih luas daripada agama 

    Hindu kita anggap sebagai sebuah agama dan disinilah masalahnya kita lihat misal di India 

    PERBEDAAN HINDU BALI DAN HINDU INDIA

    Dia itu Agamanya apa ya Anggaplah mayoritas katanya Hindu 80% di sana adalah agama Hindu tapi Tuhannya beda-beda karena itu memang bukan agama kita bandingkan dengan definisi agama yang kita ketahui pemerintah waktu awal kemerdekaan dan kemudian dikuatkan pas setelah peristiwa G30S itu bikin kriteria tentang agama bahwa agama itu harus punya Tuhan yang Esa karena harus pancasilais jadi tuanya Esa Oke 1 kemudian dia harus punya Nabi mu dia dia harus punya kitab suci kemudian dia punya hari besar dia punya ritual yang khas kemudian dia punya kepercayaan yang khas dia punya latar belakang filosofis yang juga khas gitu sekarang kita lihat Hindu di India 


    Hindu di India Hindu di India Apakah dia memiliki Tuhan yang Esa tidak orang pengikut wiyasa mungkin menyebut bahwa Tuhan itu secara esensial itu esa brahman brahman wujud dalam begitu banyak dewa dewi 

    Ada juga yang polytheist ada bahkan Hindu yang atheis filsafat ketuhanan nya juga berbeda ada seorang waisnawa tetapi dia atheis ada seorang pemuja sakta Tetapi dia monoteis itu banyak di India yang seperti itu kasusnya Jadi kalau dianggap bahwa Hindu itu adalah agama itu gara-gara dalam perspektif Islam Yahudi Kristen perspektifnya itu jadi menurut saya soal Hindu itu bahwa kita sekarang tidak adil pada mereka kita mendefinisikan sesuatu tentang mereka tetapi dengan kriteria dan karakter yang kita inginkan dan melekat pada diri kita itu masalah besar dan masalah utamanya sehingga kita gagal dalam memahami hinduisme 

    Bali saja di Bali ketika orang-orang indonesia menyatakan bahwa Indonesia itu Pancasila dengan blablablabla bahwa Tuhan itu seperti ini dalam agama harus seperti ini dan seterusnya orang-orang tidak menjadi tidak memenuhi kriteria itu misal kitab suci Hindu Bali itu apa tidak ada kitab sucinya itu adalah lontar-lontar yang bercampur dengan ingatan-ingatan memori jadi beda itu kan biasanya diingat bukan dicatat termasuk juga di India tradisi-tradisi beda Tripitaka kemudian ajar lokal itu bercampur-baur di Bali disatukan dengan tulisan-tulisan di Lontar di Candi di Prasasti di mana-mana tuliskan sebagian yang lain tidak tidak terakumulasi tidak terkodifikasi itu jadi ketika orang Bali dianggap sebagai memiliki kitab suci itu tidak 

    KONSEP HINDU BALI DALAM KEBERAGAMAAN DI INDONESIA

    Susah sekali kalau memang itu disebut sebagai kitab suci kemudian kriteria agama juga katanya harus memiliki Nabi dalam tradisi Hindu kita tidak kenal nama Nabi dalam tradisi Hindu Kalau tuhan mau memberikan pengetahuan kepada manusia tidak diutus nabi tetapi tuhan berwujud menjelma berinkarnasi pada wujud tertentu untuk memberikan pengetahuan kepada manusia atau tuhan itu memberikan Ilham kepada resi dan resinya tidak terikat pada nabi resi itu bisa siapa saja kalau Rezeki itu mengupayakan sekuat tenaga untuk mendapatkan pencerahan Pak Adi akan mendapatkannya kalau seseorang melakukan puja Dewa mau baik mau jahat Kalau dia puja Dewa terhadap maka Dewa akan turun memberikan pencerahan kepada dia memberikan Anugerah kepada dia itu tidak dikenal dengan istilah nabi makanya dalam tradisi hidupmu orang sejahat jahatnya sekalipun Misalkan seperti tokoh antagonis yang diceritakan Rahwana itu tetap mendapatkan anugerah dari Dewata abi juga nabi Ada nggak ya 

    Dalam tradisi Hindu konsep nyalain termasuk juga Hindu yang ada di Bali 

    Yang ada di Bali sekarang Hindu yang ada di Bali sekarang itu adalah campuran dari berbagai filsafat Hindu sedikit Hindu India sedikit khususnya yang dari madhya Pradesh Memang masuk ke India yang aliran Siwa agama Siwa kemudian bercampur dengan Buddha kemudian dengan kepercayaan lokal Makanya kalau bahaya baca misal dalam riwayat Darmogandul itu disebut bahwa raja-raja jepang itu agamanya Buddha Padahal mereka Hindu 

    Jadi Hindu dan Buddha lu jadi ini kau ketuker Hindu dan Buddha tidak ketuker TK bersatu makanya ada mpu Tantular yang menyebut Bhinneka Tunggal Ika kata Bhinneka Tunggal Ika yang digunakan sebagai slogan di Indonesia sekarang sebagai semboyan itu sebenarnya pada waktu itu adalah mpu Tantular menyatakan bahwa secara esensial Hindu dan Buddha pada dasarnya 1 pada dasarnya sama 


    SEJARAH AGAMA HINDU DARI INDIA KE INDONESIA

    Ketika Hindu datang ke Indonesia pertama kali diperkirakan abad ke-2 mereka bener-bener menyatu dengan aliran politik di India menyatu dengan budaya di India makanya lihat raja-raja di nusantara itu 100% per India kan namanya Mulawarman Aswawarman dewawarman Purnawarman India banget bahkan dinastinya pun Warman itu dari India itu dari namanya tapi di pertengahan lihat namanya di kerajaan-kerajaan di Kediri Singosari itu namanya Udah campur dengan lokal mapanji garasakan mahesa wongateleng 

    Namanya Udah campur berikutnya di akhir zaman Majapahit yaitu zaman Majapahit namanya udah Gajah Mada lembut Al Hayam Wuruk Maksudnya apa Maksudnya kenapa saya bilang seperti ini maksudnya menunjukkan bahwa di akhir Hindu di Indonesia itu sudah menjadi local namanya aja udah jadi nama lokal awalnya India 100% India gitu ya kemudian kita lihat sandinya Nusantara 

    Itu punya kebudayaan megalitikum namanya punden berundak itu tradisi lokal Indonesia dalam hal arsitektur ketika Hindu pertama kali datang mereka bikin kuil bikin Candi bikin macam-macam dan itu 100% arsitekturnya ngikutin India lihat Candi Cangkuang itu arsitekturnya India sekali tidak ada lokal lokalnya tetapi zaman pertengahan ketika Borobudur dibuat aja ketika kawasan dibuat itu bentuknya udah jadi setengah India setengah Indonesia setengah Nusantara ini buru-buru udah jadi punden berundak tapi dikasih stupa dikasih patung-patung yang bentuknya India 

    Budaya India merepresentasikan budaya India dan di akhir kita lihat candi-candi jadi kayak gini aja Candi Ceto Candi Sukuh itu udah jadi punden berundak lagi artinya balik lagi apa artinya bahwa Hindu yang ada di Indonesia pada waktu itu di akhir Majapahit itu udah menjadi lokal 


    SEJARAH TERBENTUKNYA AGAMA HINDU DI BALI

    Udah menjadi agama lokal lagi udah bukan lagi Hindu sudah campur dengan agama lokal atau kita lihat dilihat dari apanya 

    Ya dilihat dari filsafat kepercayaannya awalnya banyak yang waisnawa orang-orang orang-orang semua kemudian tiba-tiba setengah jadi ada Bhinneka Tunggal Ika langsung ada tantrayana Hindu Syiwa dengan Buddha Mahayana disatuin gara-gara ada 

    Nanti berikutnya udah jadi ane lagi jadi Kejawen nah kemudian orang-orang tadi itu di akhir era Majapahit ketika datang Islam kemudian kalah bersaing pindah ke Bali jadi yang pindah ke Bali itu bukan Hindu yang murni lagi maksudnya bukan itu yang sesuai dengan tradisi India tapi Hindu yang sudah lokal sudah campur dengan buddhisme sudah campur dengan apa dan datanglah ke Bali dan di Bali mereka kitab sucinya apa kitab sucinya adalah campuran dari kebijakan-kebijakan cari beda dari berbagai Purana dari tambahan-tambahan agama dan sebagainya menyatu di situ 

    Nah tetapi itu kemudian mendapatkan tantangan politik yang luar biasa di awal kemerdekaan awal kemerdekaan pejabat-pejabat bilang Indonesia itu Pancasila itu agamanya harus jelas maka orang-orang bali yang sebenarnya itu adalah kepercayaan lokal bukan Hindu di India beda itu terpaksa pusing terpaksa putar otak untuk menyesuaikan agar sesuai dengan konstitusi di Indonesia maka Hindu itu berubah menjadi Hindu yang lebih mirip dengan di India 

    Jadi ada bedanya kitab sucinya Ada bikin Hari rayanya apa hari raya di Bali itu beda-beda setiap musim tiap apa bahkan harga itu beda-beda makan dulu namanya juga bukan Hindu namanya Tirta Tirta agama Tirta tetapi itu juga harus gini harus sesuai dengan agama internasional gitar dan sebagainya Ini masalah politik di Indonesia itu masalah yang besar karena dengan itu maka agama-agama di yang lokal Justru malah punah 

    Kita lihat Kaharingan itu agama besar di Suku Dayak tetapi sekarang tidak diapresiasi sekarang tidak dihargai malah dimasukkan ke dalam ajaran timbul gara-gara sama-sama banyak dihubung-hubungkan biar biar biar punya kitab suci penyembah dengan standar agama abrahamik gitu biar standarnya agama itu 


    PENYEBARAN AGAMA KRISTEN DI INDONESIA

    Ya kalau agama sudah dilangkahi dengan politik masalahnya jadi agak berat bukan agak berat memang sangat berat dan ini jadi Roni Bara yang Kristen misalkan 

    Penyebaran agama Kristen di Indonesia itu didukung penuh oleh pemerintahan orde baru yang mayoritas pemangku jabatannya adalah muslim misal di Papua di Papua itu kebanyakan animisme tetapi pemerintahan orde baru pada waktu itu dan pemerintah Orde Baru orde lama sebenarnya sedikit takut ada komunisme takut ada atheisme takut tidak bertuhan dan sebagainya maka yang paling mungkin menyebarkan agama-agama didukung pemerintah Apakah pemerintah mendukung para misionaris bergerak di Papua sehingga apa mohon maaf agama-agama gua yang sebenarnya kalau mau kalau kalau kita mau aku ya itu sebenarnya adalah bagian dari kekayaan Khasanah budaya Indonesia itu punah jadi Kristen di Timor Leste juga agamanya agama lokal di sebarkan misionaris sana dan yang mensponsori misionaris itu adalah pemerintahan orde baru 

    Begitu ya kalau sekarang sudah beragama kalau sekarang sudah menyatakan dirinya tercerahkan Ya Alhamdulillah syukur gitunya kalau sudah beragama tetapi maksud saya Bukankah agama lokal juga sebenarnya membawa Hasanah yang luar biasa buat kita agama Bali agama Hindu di Bali menurut saya pribadi itu adalah agama lokal yang punya cita rasa yang lain punya pencerahan juga yang luar biasa yang memiliki falsafah hidup yang luar biasa Jangan sampai kriteria-kriteria yang kriteria yang kita miliki bahwa agama itu harus punya ini punya ini punya ini dan seterusnya nggak 

    CERITA SUKU ESKIMO MENENTANG MISSIONARIS KRISTEN

    Saya muslim tetapi saya mengajukan sebuah pertanyaan dari seorang kepala suku ini akhir dari obrolan kita sekarang ada seorang misionaris datang ke suku Eskimo dia nanya sama suku Eskimo kamu di sini agamanya apa orang Eskimo bilang agamanya ini-ini masuklah kamu ke dalam Kristen untuk apa masuk ke dalam Kristen biar kamu kalau meninggal masuk surga Kalau kamu tidak beriman Kau Masuk Neraka Bagaimana dengan nenek moyang saya nenek moyang saya kan tidak tahu soal Kristen Apakah dia mereka memasuki neraka Oh tidak mereka kan tidak tahu Jadi kalau tidak tahu tidak masuk neraka Iya kalau tidak tahu tidak masuk neraka lalu Kenapa kamu ngasih tahu sama saya jadi itu adalah kebijakan orang Eskimo kebijaksanaan seorang kepala suku orang Eskimo menentang misionaris kalau di kalau diberitahu malah masuk neraka lalu Kenapa mereka diberi tahu katanya pengampunan 

    Lagi ini mah kritik bersama untuk kita ya bukan berarti saya membela agama tertentu Bukan tapi kepercayaan kalo kepercayaan lokal itu adalah tradisi masyarakat kita dan itu memang harus diakui Kalau mau nanti diislamkan dikristenkan dan sebagainya dengan cara yang baik-baik dengan pemaksaan berdasarkan peraturan akibatnya sekarang bahkan Hindu di Bali pun yang punya sejarah panjang itu sekarang tidak kita kenali kita anggap Hindu di Bali itu sebagai bagian dari Hindu di India padahal lain cerita 

    Itu saja semoga bermanfaat maaf kalau ada yang tersinggung untuk barang yang tinggal di Bali dan untuk bayi yang beragama Hindu silakan komen di sini Yang baik-baik apa adanya Terima kasih saya guru Gembul sama alaikum warahmatullah berkat