KENAPA SEKOLAH KRISTEN LEBIH BAIK DARI SEKOLAH ISLAM ??



    Semoga apa yang akan saya sampaikan disini menjadi auto kritik yang membangun untuk satu pihak dan motivasi sportif untuk pihak yang lain lagi. 

    Kita sekarang akan membandingkan kenapa sekolah Islam sering kali terlihat lebih buruk daripada Sekolah Kristen. 

    bukan hanya terlihat penampakannya seperti itu tetapi memang kalau kita lihat statistik biar misalkan yang dikeluarkan oleh pemerintah atau lembaga-lembaga tertentu sekolah-sekolah kristen memang lebih baik secara prestasi dan akademik daripada sekolah sekolah berbasis Islam.

    Adapun definisi sekolah Islam atau Sekolah Kristen itu kita gunakan yang umum saja: 

    pertama jika mereka menggunakan simbol-simbol agama dalam kurikulum mereka

    kedua ketika mereka menerapkan pelajaran-pelajaran khusus materi-materi khusus diagama mereka dalam pembelajaran keseharian 

    Kemudian yang ketiga ketika mereka berafiliasi dengan lembaga-lembaga agama tertentu. 

    dengan 3 kriteria itu maka kita sebut bahwa itu adalah sekolah Islam atau Sekolah Kristen 


    Saya akan isi video ini dengan pengalaman pribadi saya dan ditambah dengan sedikit penelusuran dari luar jadi dalam artian begini apa yang akan saya sampaikan ini adalah sebagian besar berupa opini pribadi kenapa saya berani mengatakan seperti itu saya pikir selama ini saya sudah mengajar selama 12 tahun kemudian terlibat dalam tiga pembangunan sekolah dan tiga pembangunan sekolah abal-abal kemudian saya juga sudah mengajar di seluruh jenjang pendidikan dari mulai TK sampai universitas dan mengampu sekitar 9 pelajaran yang berbeda di banyak tempat dan 21 pengalaman mengajar di lembaga yang berbeda-beda sehingga saya pikir sih sampai sejauh ini cukuplah untuk beropini tentang Apa perbedaan atau Apa keunggulan Sekolah Kristen dibanding Sekolah Islam.


    Hal pertama yang membedakan antara sekolah Islam dengan Sekolah Kristen itu dilihat dari latar belakang pemikiran diberdirikannya sekolah itu 


    Sekolah-sekolah kristen awal mulanya didirikan dengan 2 pikiran utama yang pertama adalah saya harus mencerdaskan kehidupan bangsa saya harus membantu pemerintah untuk menciptakan kader-kader karena itu saya harus mempersiapkan persiapan yang sangat matang keuangan yang sangat matang donasi yang sangat matang peraturan yang sangat matang sistem yang sudah jelas staf-staf dan guru guru yang sudah dipersiapkan Jauh sebelumnya. 


    Kalaupun mereka tidak mempersiapkan gurunya maupun mereka mempersiapkan kriterianya dan sebagainya pikiran-pikiran seperti untuk menunjang tujuan yang kedua yaitu bisnis jadi orang-orang itu berpikir bahwa sekolah itu bukan hanya untuk mencerdaskan bangsa tetapi juga untuk bisnis Kenapa bisnis agar sekolah mereka itu bisa bertahan. agar sekolah mereka itu tidak menjadi mengemis uang pemerintah. Jadi mereka itu Mandiri secara finansial karena itu mereka juga berpikir orientasi bisnis mana yang akan dicapai program-program ikan unggulan dan sebagainya 


    jadi Apakah Sekolah Kristen itu bisnis Iya tetapi sebagai landasan untuk tujuan yang pertama tadi itu nah ini sangat berbeda dengan sekolah-sekolah sekali lagi bukan semuanya tapi Ini pengalaman pribadi saya kalau barangnya punya pandangan yang lain ya silakan saja saya juga pernah mendirikan sekolah Islam dan apa yang ada disana pikiran-pikiran itu adalah kalau mau mendirikan sekolah ini adalah tujuan yang baik Insya Allah sama Allah dibantu jadi besok aja kerja aja dulu Nanti sistem urusan nanti nanti pendanaan Ma nanti yang penting kalau kita sudah berjalan dengan ikhlas dengan tulus dengan baik dan sebagainya Maka nanti rezeki pasti akan mengalir gak akan menghianati kita rezeki mah gak akan kemana udah diatur sama Buat alarm 



    Pikiran-pikiran itu jadi masa depan jadi masa depan sistem itu urusan belakangan urusan nanti yang penting dirikan aja dulu dengan penuh keikhlasan 

    Pasti Allah akan bantu dengan pikiran seperti ini aja udah mengkhianati keiklasan itu kayak gini kalau ada orang yang ngomong misale ya sama Ikhlas itu pasti nggak ikhlas gitu ya Ya pikiran sederhananya seperti itu seperti dilihat dari tujuannya mereka itu jangka pendek mereka nggak pikir jongkok ke depan bagaimana ya penting jangka pendek nanti kita bisa menghidupi karena itu ketika mereka cari guru misalkan udah diceramahin sejak awal tentang ceramah bab keikhlasan jadi guru datang lamar ya maaf ya di sekolah ini masih adanya segini Ya namanya juga sekolah-sekolah itu kan bareng ngajar anak-anak ya ilmunya disebarkan ke anak-anak jadi jangan dulu berpikir soal money oriented dia jangan dulu mikirin soal gaji selalu yang di sini mah apa adanya aja yang penting nanti di akhirat punya tabungan nggak jadi pikirannya itu menjual akhirat menjual agama untuk dijadikan bumper kelemahan dan kesalahan dan karena itu maka sekolah-sekolah Islam masuk ke dalam lingkaran setan 


    Begini karena guru dibayar seadanya maka guru itu akan memberikan pelayanan pendidikan yang seadanya ya biasa itu sudah hukum kemanusiaan ya karena si guru itu hanya memberikan layanan pendidikan seadanya maka siswa-siswa pun belajar seadanya karena Siswa belajar seadanya itu maka kualitas lulusan mereka juga seadanya alakadarnya karena kualitas kelulusan siswa itu alakadarnya seadanya maka ini sekolah itu menjadi image sekolah seadanya atau bahkan kurang di mata masyarakat karena itu siapapun yang masuk ke sana adalah siswa-siswa sekolah itu tidak diminati biasa-biasa aja 


    Enggak bisa bikin saringan masuk enggak bisa bikin apa semacam itulah karena sekolahnya itu jelek maka yang masuk ke situ juga adalah siswa siswa dengan yang seadanya karena siswa yang masuk kesana kadarnya seadanya karena dididik oleh orang tua yang seadanya makanya memberikan SPP juga seadanya kan begitu nunggak dan lain-lain spp-nya nunggu maka guru-guru di Bali begitu aja Muter terus-terusan gitu obat itu mah gurunya aja yang tidak militan yang mengajar karena cari duit kalau Gajinya sedikit berarti ngajarnya juga kurang gitu Ya bukan gitu begini Baraya Ini pengalaman pribadi Saya ceritain 


    Dalam satu kesempatan saya pernah mengajar Sekolah Islam dan Sekolah Kristen dalam 1 tahun pelajaran yang sama sekolah itu sama-sama lapangannya juga sama-sama besar juga sama-sama Bang kurang lebih memiliki jumlah yang sama jumlah siswa yang sama apa yang terjadi di satu tempat di sekolah Islam itu saya mengajar sekitar 26 jam dan saya dibayar Rp350.000 dipanggil potongan ini itu buat uang batik buat uang apa gitu ya makanya saya dapat sekitar rp315.000 26 jam mengajar di Sekolah Kristen saya mengajar hanya 8 jam mengajar nya jadi satu hari pun kurang tetap bisa dibayarnya satu juta lebih dan itu Masih ditambah bonus kalau saya mengajar dengan baik kemudian saya bikinin itu dengan sebaik-baiknya bayangkan saya mengajar di Sekolah Kristen sepertiga dari sekolah Islam dalam durasi waktu tetapi digaji 3 kali lipat padahal ke sekolahnya sama-sama kenapa seperti itu karena sekolah-sekolah itu banyak yang berpikir money oriented jadi guru-guru tapi gajinya kecil sedangkan sekolah yayasan apa dan sebagainya besar makanya kita juga bisa melihat perbedaan antara yayasan pendidikan Kristen dengan yayasan pendidikan Islam yayasan pendidikan Kristen itu sejak awal memang sudah sangat besar sangat kuat makanya ketika mereka mendirikan sekolah mereka siap untuk menumbuk 10 tahun sekalipun 


    Kok saya enggak punya gaji guru yang besarkan banyak sekolah-sekolah soalnya masih sedikit tapi gaji gurunya tetap besar sekali nombok tapi mereka berani demi kualitas nah sedangkan sekolah-sekolah itu biasanya sekolah kecil dan mendirikan sekolah karena untuk mencari nafkah makanya mereka mempres guru dengan nominal yang kecil-kecil biasanya mereka tumbuh dengan sangat pesat Sekali lagi Tidak semua seperti itu tetapi mungkin bar Ayu punya pengalaman yang sama dengan image seperti ini 


    Masalah kedua yang memisahkan antara sekolah Islam dengan Sekolah Kristen versi saya itu adalah orang-orang itu biasanya mengintegrasikan antara iman dengan perbuatan mereka itu menggunakan sistem ilmu pengetahuan itu sebagai landasan untuk menjadi Iman jadi iman itu adalah harus perbuatan dan perbuatannya itu mana harus direalisasikan dalam kehidupan nyata ke sekolah-sekolah menganggap bahwa ilmu pengetahuan itu adalah bagian dari agama matematika itu agama fisika itu agama sehingga ketika mereka belajar Fisika itu berarti mereka belajar agama karena belajar Fisika itu nanti ke depannya mereka akan menciptakan ini Itu demi kemaslahatan umat kemasyarakatan peradaban kebersamaan dan sebagainya dengan itulah mereka melakukan amal ibadahnya 


    Kan begitu ya terintegrasi karena itu mereka berlomba-lomba berlomba-lomba dalam gangguan dalam penelitian dan sebagainya nanti ujungnya mereka gunakan juga untuk agama untuk kemanusiaan dan lain sebagainya 


    Pada umumnya seperti itu Sedangkan 


    Justru sebaliknya walaupun Islam itu digadang-gadang agama yang mulia tetapi orang-orang berpendidikan itu dikotomis sekuler memisahkan antara kehidupan agama dan kehidupan akhirat memisahkan antara ilmu pengetahuan agama dan memisahkan air dan pengetahuan duniawi katanya seperti itu misal begini Matematika itu kan enggak bisa mengantarkan kita ke surga bahasa Inggris atau bahasa Arab bahasa Arab lah nanti di surga itu bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab kalau kamu sekarang udah bisa bahasa Arab nanti di surga kan enggak bisa ngapa-ngapain kamu ditendang dari surga karena enggak bisa ngerti Bahasa Arab pikiran-pikiran itu masih berkuasa di banyak sekali lembaga-lembaga 

    Islam 

    Jadi ketika masuk ke ranah pendidikan jangan dulu fokus pada Matematika Fisika sebelum dilandaskan pada ilmu aqidah yang kuat nak pikirannya itu seperti itu sebenarnya di Islam generasi awal itu tidak pernah ada dikotomi seperti itu fisika matematika kimia biologi itu adalah pelajaran dari agama Islam makanya ulama-ulama ilmu kimia mengembangkan matematika mengembangkan ilmu astronomi matematika dan sebagainya Mereka biasa-biasa aja itu adalah bagian dari agama 1000 tahun sebelum Darwin muncul al-jahiz munculkan teori evolusi walaupun dalam taraf yang sangat sederhana tapi idenya dia sudah nemu gitu siapa dia muslim kemudian sebelum kopernikus mengatakan bahwa bumi bulat dan mengelilingi matahari itu al-biruni sudah mengatakan 400 tahun sebelum kopernikus lahir bahkan sudah meramalkan ini bentuk bumi itu seperti ini luasnya begini dan lain sebagainya 

    Tapi tetapi sekarang tentu saja umat muslim malah sebaliknya bahwa teori evolusi salah bumi itu datar kemudian menyangkal ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan yang ada sekarang itu kenapa disangkal seperti itu karena mereka tidak mampu menguasainya Kenapa tidak ini karena pikirannya itu adalah ada ilmu akhirat ilmu dunia sekuler seperti itu sekuler nya udah sampai ke tulang bukan saja mendarah daging 


    Ketika akhirnya ada tuntutan zaman sekarang bro kita harus modern kita harus maju apa yang dilakukan oleh para tokoh Islam bikin itu Islam Terpadu Apa landasan nya begini 

    Sudah padat sama pelajaran itu yang banyak dikritik oleh ahli-ahli kemudian ditambahkan dengan sekolah dengan pelajaran-pelajaran berlabel akhirnya sekolah itu menjadi jauh lebih panjang lagi jadi kayak gini sekolah formal aja dengan pelajar dengan komposisi pelajaran yang seperti itu sudah bikin siswa mumet sudah bikin siswa stress Ditambah lagi dengan sekolah itu katanya adalah ini Islam Terpadu ini bukan Islam Terpadu ini sekularisasi dalam agama islam itu di sekuler kan jadi menganggap Matematika itu adalah ilmu dunia kemudian menganggap bahwa Nahwu Shorof itu adalah ilmu agama Sehingga harus dipelajari sebelum doanya biar seimbang 

    Antara dunia dengan akhirat itu bukan seimbang namanya Bara yaitu menganggap bahwa islam itu adalah agama yang terkotak-kotak yang 


    Yang di dalam Islam semestinya itu adalah setiap orang harus berkembang sesuai dengan bakat minat kepentingannya masing-masing orang yang jago matematika silakan matematika geluti orang yang jauh bahasa Arab Silahkan beli bahasa Arab orang yang jago bahasa Inggris silahkan beli bahasa Inggris nanti semua hasilnya itu demi kemaslahatan manusia demi beribadah kepada Tuhan kan kita enggak bisa beribadah tanpa Tuhan tanpa semen kan kita enggak bisa beribadah kepada Tuhan tanpa mengetahui ilmu astronomi kan mau salat aja kita harus meluruskan dengan Ka'bah dan itu harus diketahui dengan ilmu astronomi tapi kan bisa pakai gadget-gadget nya juga kan maka kita harus mandiri secara finansial dan intelektual gadget kita harus bisa bikin sendiri musuh kan belum bisa pikiran itu ke arah sana tapi gara-gara itu sama banyak yang sekuler nya mendikotomikan itu maka sekolah-sekolah Islam malah menciptakan kader-kader yang rapuh yang di masa depan malah kacau rusak karena stress dengan pendidikan yang terlalu banyak dan padat 


    3 jam sekolah Kristen dengan sekolah Islam itu adalah mulai serabi maaf pagi-pagi biar biar nggak ada tahu bulat itu adalah bahwa sekolah-sekolah Kristen hanya berpikir soal kinerja berorientasi pada kualitas dan dalam hal ini mereka menciptakan sebuah sistem ini sangat berbeda dengan apa yang ada dalam sekolah-sekolah sekolah-sekolah kedepankan doktrin kemudian Romansa masa lalu dan wacana-wacana jelaskan gerakan begini ya waktu dulu saya sekolah mengajar di Sekolah Kristen dan sekolah Islam itu memang hawanya beda banget Sekolah Kristen datangin kumpulin Rapat apa yang mereka katakan teman-teman 

    30 mobil listrik itu sudah harus diwajibkan di eropa tadi 2040 perjalanan ke luar angkasa sudah menjadi masalah itu bisnis yang sangat baik maka kita harus ciptakan pendidikan yang mengantisipasi masa depan itu kita bangun anak-anak kita masa depan dengan orang-orang orang-orang Cina terhadap teknologi-teknologi itu nah mereka berpikirnya itu masa depan kualitas orang-orang itu 



    Sebaliknya ketika belajar mereka mengajarkan anak-anak lihatlah di zaman dulu di zaman dulu ya sudah menciptakan musik sekarang kita kan bisa mendengar musik kayak gimana itu adalah hasil peradaban Islam lihat Ibnu Sina di masa lalu sudah bisa menciptakan buku obat-obat masih dipakai oleh orang Eropa abad ke-8 biasakan lihat itu Borobudur bangun sama Nabi Sulaiman 


    Jadi pikiran gitu masa lalu lihatlah Al qanuni menaklukkan Eropa satu benua di dominasi dikuasai lihat betapa besarnya peradaban Islam di masa lalu kelihatan dari situ ya jadi karena 


    Masa lalu saja maka yang mereka kumandangkan itu adalah wacana-wacana begini 

    Islam itu adalah satu-satunya mengajarkan kebersihan di mana ada ajaran agama yang sampai detail ngomongin soal sikat gigi kebersihan tubuh kan nggak ada ya kalau memang kenyataannya begitu kenapa itu sampah-sampah 



    Pernah itu saya kritik langsung di depan rektornya ada Universitas gitu ya ngomongin soal bab thoharoh dalam Islam ngomongin itu kelas kotor ngomongin bebersih tapi di sini jadi cuman wacana cuman bacot gitu 

    Cuman tapi realisasi itu tidak ada sekolah Hafiz Quran di Gunung gitu ya ngomong ke orang tua siswa di sini kita mau mengajarkan Hafiz Quran menghafal Quran dan sebagainya tapi disimpannya di gunung sekolahnya itu di gawir gitu jadi AMDAL saja mereka langgar mungkin Yogo karena di Gunung gitu Tetapi walaupun mereka nyogok kemudian bangunan-bangunan yang Kukuh itu tidak bisa resapan air dan akhirnya akan menjual ini orang-orang yang hutan-hutan yang banyak uangnya di gundulin untuk bikin pesawat bikin sekolah itu dan mudah kondisi seperti itu mereka ngomong ini kita ini menjalankan syariat Islam ini kita ini Hafiz Quran jadi ngomongnya memelihara islam tetapi realisasinya merusak daerah resapan air sedangkan orang kaya sekolah-sekolah Kristen itu 


    Jadi ketika mereka bubar memikirkan seperti ini kemudian membacakan seperti mereka merealisasikan di dunia nyata seperti itu bahwa kita di masa depan akan seperti itu maka kita harus mengantisipasinya Kenapa kalau kita sudah bisa mengantisipasinya maka kualitas anak-anak kita tas anak-anak baik maka kita bisa memberikan kebaikan buat masyarakat memberikan kebaikan buat masyarakat itu adalah ibadah mereka dan direalisasikan 


    Tapi seperti yang saya sampaikan di awal ini sebenarnya adalah oto kritik yang membangun Saya harap untuk satu pihak ya jadi jangan dulu marah-marah jangan dan ini juga bisa dijadikan motivasi sportif untuk pihak yang lain yang tadi sudah saya Sebutkan Saya harap sih Mbak ayo semua bisa menambahkan karena apa yang saya sampaikan disini itu adalah opini pribadi tiga poin karena sebenarnya tentu saja hanya 3 poin Berdasarkan pengalaman pribadi saya semoga bermanfaat