MENGAPA SUHARTO MENGKHIANATI BUNG KARNO? (VERSI SPIRITUAL)


    KEKUASAAN PRESIDEN SOEKARNO DAN SOEHARTO

    Peralihan kekuasaan antara Presiden Soekarno kepada Presiden Soeharto adalah salah satu suksesi paling berdarah sepanjang sejarah. 

    Betapa tidak setidak-tidaknya satu juta orang yang meninggal sia-sia. 

    Perpindahan kekuasaan itu tentang apa yang terjadi di sana siapa dalangnya dan akan motifnya sesudah rangkumkan berbagai teori. 

    Sekarang kita akan membahas tentang salah satu versi yang bahkan tidak pernah diceritakan dalam buku sejarah manapun karena ini adalah versi spiritual. ini adalah versi klenik. kita akan menjelaskan bahwa peralihan kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto itu melibatkan peranan Ratu Pantai Selatan. 

    TEORI TENTANG NYI RORO KIDUL DAN DEWIN KWAN IM

    Ada sebuah teori yang menjelaskan bahwa kisah tentang Ratu Pantai Selatan atau Kanjeng Ratu Kidul itu berasal dari Cina yang di sini Diceritakan bahwa Dewi Kwan Im sang bodhisattwa itu bersumpah bahwa ia tidak akan menjalani kehidupan sebagai Buddha dan dia akan terus terusan samsara di dunia sampai dia berhasil untuk memberikan kedamaian dan pencerahan kepada seluruh umat manusia . 

    Sepanjang upayanya untuk memberikan pencerahan kepada manusia dia bersemayam di Pantai Selatan Cina itu adalah kisah aslinya dalam tanda kutip ketika kisah itu kemudian dibawa oleh imigran imigran Cina ke selatan ke Thailand maka di Thailand kita juga akan menemukan sebuah kisah yang mirip yaitu tentang Dewi yang berkuasa di Pantai Selatan yang berusaha untuk memberikan kedamaian dan perlindungan kepada orang-orang melalui raja-raja maka diciptakanlah bahwa Ratu Pantai Selatan atau Dewi pantai selatan Itu adalah anak raja yang kemudian memilih untuk masuk ke dalam lautan. 

    KISAH RATU PANTAI SELATAN DI INDONESIA

    Ketika cerita itu masuk lagi ke Sumatera di tanah Batak kita menemukan ada kisah yang mirip yaitu Si Boru biding laut. Kalau anda orang Batak mungkin anda pernah denger cerita ini yang kisahnya kurang lebih juga mirip dengan ratu pantai selatan.

    Ke selatan lagi akhirnya kita bertemu dengan orang-orang orang Sunda inilah yang menjelaskan bahwa Ratu Pantai Selatan itu adalah Dewi kandita anak dari raja Sunda atau Raja Galuh yang karena dia dijahati kemudian dia ke selatan menjadi penguasa pantai selatan dan akhirnya dia berusaha untuk mencari suami yang paling layak dan paling taat untuk dirinya sendiri dan kisah ini kemudian masuk ke tanah Jawa. 

    RATU PANTAI SELATAN DI TANAH JAWA

    Di tanah Jawa inilah kemudian cerita tentang Ratu Pantai Selatan mendapatkan pola yang persis seperti yang kita pahami sekarang Bahwa Ratu Pantai Selatan itu adalah penguasa lembut penguasa dedemit yang menguasai alam lautan di Selatan Jawa dan dia akan menikahi orang-orang yang dari tanah Jawa yang siapa pun yang akan menikahinya akan menjadi raja Nusantara 

    Di zaman Majapahit kita tidak pernah menemukan ada kisah tentang Ratu Pantai Selatan Kenapa karena orang-orang memang tidak pernah menemukan cerita tentang hal ini berkisah tentang Ratu Pantai Selatan di Jawa itu pertama kali dikemukakan di zaman raja-raja Mataram untuk melegitimasi kekuasaan mereka. 

    Ada setidaknya dua versi terkait hal ini versi yang pertama itu dikemukakan oleh Pramoedya Ananta Toer yang menjelaskan bahwa kisah tentang Ratu Pantai Selatan itu dimulai ketika Mataram dibawah pemerintahan Sultan Agung itu gagal untuk menyerang VOC, gagal untuk mengalahkan VOC di Batavia kemarahan ini memunculkan cerita ini agar rakyat menjauhi orang-orang makanya ada mitos jangan pakai baju hijau itu sebenarnya baju hijau yang dimaksud itu adalah karena seragam VOC pada waktu itu banyak mengandung warna hijau. 

    Tapi versi kita disini adalah versi yang menjelaskan bahwa kerajaan Mataram itu menggunakan kisah Nyi Roro Kidul pertama kali itu adalah Sutawijaya karena pada waktu itu Sutawijaya itu adalah seorang yang sangat berambisi untuk menguasai seluruh Jawa tetapi dia hanya memiliki sedikit para raja. 

    Dia memang kerabat raja di masa lampau tapi dia bukan keturunannya sehingga untuk menciptakan legitimasi kekuasaan bahwa dia layak menjadi raja maka dia harus menghubungkan dirinya dengan penguasa yang lebih besar lebih kuat raja-raja.

     Mengaitkan dirinya dengan Dewa anu Dewa ini Dewa itu dan sebagainya tetapi Sutawijaya sebagai seorang muslim tidak pantas untuk seperti itu sehingga dia kemudian menghubungkan dirinya dengan penguasa Laut Selatan yaitu itu Nyi Roro Kidul 

    Di situlah kemudian diceritakan bunyi Roro Kidul itu bersumpah akan melindungi suaminya dan melindungi kerajaan suaminya sampai akhir zaman dan karena itu nyirorokidul juga mengajak Eyang Petruk atau Eyang Sapu Jagad untuk berkoalisi untuk membangun yang namanya Mataram Islam 

    Makanya kalau kita cek misalkan Keraton Mataram Yogyakarta sampai sekarang yang ada itu maka ia akan menemukan bahwa Ia ada di tengah-tengah pantai Selatan dengan puncak gunung merapi. 

    ANTARA SOEKARNO DAN NYI RORO KIDUL

    Spiritual atau gaya bebas untuk mengikuti klinek ini bertahan Selama ratusan tahun termasuk salah satu yang mempercayainya adalah Soekarno Soekarno. Kemudian berpikir bahwa ia memiliki Ambisi untuk mempersatukan nusantara Ia memiliki Ambisi untuk membebaskan Indonesia maka apa yang harus dia lakukan Dia harus mendapatkan dukungan dari kekuatan spiritual ia sudah memilikinya di dunia material tetapi di nusantara itu tidak cukup. 

    Maka dia datang ke Pantai Selatan kemudian bertanya dalam pertapaannya itu yang kemudian ia bertemu dengan Nyi Roro Kidul. 

    Dia kemudian meminangnya mengajaknya untuk menjadi suami istri Nyi Roro Kidul. Nyi roro kidul pada waktu itu melihat bahwa Soekarno itu memiliki trah yang juga agak jauh dari kerajaan. 

    Dia adalah ningrat tetapi telah kerajaannya jauh tetapi melihat kekuatan dan kemampuan Soekarno yang sangat luar biasa maka Bagaimana bunyi Roro Kidul tapi card dan akhirnya menyetujui pinangan itu.

    Soekarno dan Nyi Roro Kidul menikah menjelang kemerdekaan dan kemudian Soekarno membangun sebuah kamar khusus di hotel yang sekarang namanya Hotel Samudra beach Kamar 308 tempat dimana Soekarno itu menjalin hubungan asmara dengan Roro Kidul. 

    Jadi dalam hal ini poligaminya Soekarno itu adalah poligami yang paling etik Indonesia karena dia bukan hanya poligami mengawini perempuan-perempuan di dalam keluar bangsa bahkan diluar alam dengan Nyi Roro Kidul sekalian bahkan Soekarno juga memiliki banyak selir di dunia arwah di dunia klinik yang semacam itu 

    Kita tidak pernah tahu cerita hal-hal yang tetapi beginilah cerita dalam versi spiritual Jawa atau spiritual Sunda dan ini juga harus kita pahami dalam konteks spiritual Sunda atau Jawa maksudnya begini. 

    PEREMPUAN DALAM TRADISI JAWA SUNDA

    Kenapa Soekarno harus berpoligami karena dalam tradisi Sunda dan Jawa perempuan itu adalah pilar dari negara, maksudnya kalau ada pemimpin negara yang dia terlalu besar dan terlalu kuat maka dia juga membutuhkan pilar yang sangat besar dan sangat kuat dan fakta bahwa Soekarno itu ternyata hanya memiliki istri istri yang tidak memiliki darah bangsawan atau darah bangsawan nya kejauhan maka Soekarno membutuhkan pilar yang banyak karena pilarnya tidak cukup kuat maka dia membutuhkan pilar yang banyak itulah alasan kenapa Soekarno berpoligami 

    SOEHARTO MENGGULINGKAN SOEKARNO

    Kenapa saya harus ceritakan seperti ini adalah penting karena ini juga yang dipikirkan oleh Soeharto ketika beliau ingin menggulingkan kekuasaan Soekarno dari kepemimpinan Indonesia. 

    Soeharto sebenarnya memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi pemimpin sejak kecil bahkan Dia memiliki bakat kepemimpinan yang luar biasa sejak ia remaja.

    Tetapi dia tidak berpikir untuk neko-neko hanya menjalani hidup saja sebagai seorang Jawa dia tentu saja bersyukur atas apa yang dia miliki tetapi dia akhirnya tersadar bahwa dia akan menjadi pemimpin besar saat dia mendapatkan uang dari Tuhan bahwa ia akan menjadi pemimpin besar.

    Sejak kapan Ia mendapatkan uang?

    Siti uang Siti itu sejak dia menikah dengan Ibu Tien Soeharto 

    Kenapa dia mendapatkan uang itu karena ternyata ibu Tin itu adalah seorang Ningrat. leluhur-leluhur sutawijaya dia adalah keturunan dari trah Mataram dia adalah dari Keraton Solo 

    Menyadari hal itu maka Soeharto sadar bahwa dirinya memang layak untuk menjadi pemimpin di masa depan karena walaupun dirinya dari kasta Sudra Tetapi istrinya pilarnya. 

    itu pilar yang sangat besar yang sangat kuat dan tidak mungkin si pilar itu disiapkan tanpa kemungkinan bahwa dirinya memang akan menjadi pemimpin besar maka Soeharto kemudian memulai berambisi Apa yang harus dilakukan untuk menjadi pemimpin di Indonesia dan Ambisi itu menjadi semakin lama semakin kuat ketika Indonesia pada waktu itu semakin hancur semakin gonjang-ganjing soekarno.

    Ketika Soekarno dengan Muhammad Hatta pecah kongsi pada tahun 1956 itu kan Soekarno itu menjadi semakin otoriter membawa Indonesia menjadi semakin dekat kepada komunis dan semakin jauh kepada Kesejahteraan Rakyat jadi makin miskin kemudian pembangunan pembangunan terhenti ini membuat Soeharto 

    Itu buat apa yang harus dia lakukan maka dia kemudian mencoba untuk menghubungi nyirorokidul melalui istrinya sendiri yaitu ibu Tin 

    ANTARA SOEHARTO DAN NYI RORO KIDUL

    Ternyata Ibu ini kalau dalam spiritual Jawa itu disebut sebagai induknya atau telurnya orde baru karena disanalah tempat bersemayamnya Roro Kidul atau dia adalah media yang pas untuk Roro Kidul karena dia adalah keturunannya sendiri maka ketika Soeharto mengajak Nyi Roro Kidul untuk Kongkalikong untuk membuat dirinya menjadi pemimpin Nyi Roro Kidul sebenarnya sepakat Tetapi dia ragu dan takut karena Soekarno sendiri pada waktu itu masih kuat maka solusinya adalah Nyi Roro Kidul membutuhkan 1000000 tumbal manusia. 

    Ini sesuatu yang sangat berat tapi suka Soeharto pada waktu itu berpikir apa boleh buat demi menyelamatkan 90 juta manusia dikorbankan satu juta di antaranya mungkin adalah sesuatu yang masuk akal maka dilakukanlah apa yang kemudian kita ketahui peristiwa G30S Apa yang dilakukan Soeharto pada waktu itu kenapa sampai sekarang tidak bisa dijelaskan oleh para sejarawan padahal Soeharto pada waktu itu hanya mengulang apa yang pernah dilakukan oleh Raden Wijaya di masa lampau. 

    Dulu itu ada Kerajaan Singosari Kerajaan Singosari itu dihabisi dari belakang oleh jayakatwang jayakatwang kemudian mendirikan Kerajaan Kediri menghancurkan Singosari Raden Wijaya yaitu ingin mempersatukan nusantara dengan Singosari yang telah dihancurkan itu maka Apa yang dilakukan Raden Wijaya dia hanya menjadi media untuk kedatangan bangsa-bangsa di luar dalam hal ini adalah Mongol.

    Mongol kemudian menghancurkan jayakatwang dan hampir tanpa mengorbankan satupun prajuritnya Raden Wijaya kemudian menghancurkan Mongol dari belakang maka selesai sudah setelah itu berdirilah Kerajaan Majapahit jadi berdirinya kerajaan Majapahit itu muncul dari sebuah akal bulus Bagaimana caranya untuk menghancurkan musuh menggunakan musuh yang lain maka cara seperti itulah yang juga dilakukan oleh Soeharto dia tidak harus berkonflik langsung dengan Soekarno dia cukup mendatangkan pasukan pasukan dari luar dari dari Inggris dari Soviet dari Cina untuk berkumpul di nusantara kemudian dalam sebuah plot mereka akan menghancurkan Soekarno setelah itu orang-orang oleh Soeharto sebagai tokoh yang menjadi komandan dari peristiwa G30S. Untung itu dibunuh oleh Soeharto sebelum dia berbicara banyak tentang peristiwa itu. 

    Makanya nggak usah pusing-pusing dengan ini banyaknya cerita ini kan hanya pengulangan sejarah saja maka Sejak saat itu Soeharto berkuasa tetapi dalam peristiwa itu dia memang terpaksa harus membunuh sekitar 1 juta manusia untuk mengakhiri kepemimpinan Soekarno Soekarno dikalahkan sadar akan kekalahannya itu Soekarno langsung menceraikan istri istrinya satu orang Kenapa dia menceraikan sama seperti yang saya jelaskan tadi pikiran Soekarno soal Poligami adalah pemimpin yang kuat membutuhkan pilar yang besar atau pilar yang banyak ketika sekarang dia adalah pemimpin yang terkucilkan yang hampir tidak memiliki kekuatan eksekutif sama sekali maka dia menceraikan istrinya pikirannya adalah seperti itu tetapi menyadari bahwa Soekarno itu sudah dikalahkan dan dia sakit hati luar biasa terhadap Soeharto dan yang paling penting adalah terhadap nyirorokidul maka dia bersumpah untuk balas dendam. 

    RENCANA SOEKARNO MEMBALAS SOEHARTO

    Bagaimana caranya? 

    Sukarno minta Soekarno berwasiat kepada keluarganya kepada para menterinya kepada semua orang yang dia kenal bahwa nanti ketika saya meninggal Saya minta dikuburkan di Batutulis Bogor kenapa dia harus minta meninggal meninggal dikuburkan nya di sana karena di situlah tempat bagi persemayaman Prabu Siliwangi di situ lah gerbang dimensi antara dunia nyata dengan dunia maya jadi ketika nanti Soekarno dikalahkan dia ingin bersekutu dengan Prabu Siliwangi untuk menghancurkan Soeharto dan Nyi Roro Kidul dari dunia gaib Soeharto tentu saja mengetahui niat itu dia panik dia ketakutan karena apa Karena Nyi Roro Kidul itu Kalaupun dia takut pada sesuatu maka dia takut pada Prabu Siliwangi Kenapa karena itu leluhurnya sendiri seperti yang saya jelaskan sebelumnya Dewi kandita itu berasal dari kerajaan Galuh yang itu adalah dikuasai oleh Prabu Siliwangi itu salam hormat sungkem kepada Prabu Siliwangi kalau seandainya Soekarno itu lapor pada Prabu Siliwangi itu itu adalah sesuatu yang menjadi bencana besar baik bagi baik bagi Soeharto maupun buat Nyi Roro Kidul 

    Maka atas kepanikan inilah Soeharto kemudian memaksakan agar Soekarno itu dimakamkannya di Blitar bukan di Batutulis Bogor begitu Jadi Sekali lagi saya harus mengulang di selimutnya berulang-ulang kamu percaya mau tidak ya tidak apa-apa prediksi klinik versi spiritual Jawa versi alam gaib jadi tidak Mungkin tercatat dalam sejarah tetapi masuk tetapi bahwa Soeharto memang melakukan hal-hal itu itu juga karena Soeharto itu percaya terhadap hal-hal yang berkaitan dengan mistik dan klenik Begitulah Ya lanjut ceritanya 

    Ketika Soeharto akhirnya berkuasa dan menjadi suami bagi nyirorokidul maka Soeharto berhasil untuk mempersatukan nusantara dan menjadi raja sekaligus tetapi siapa pun di antara mereka yang berkuasa atas Nusantara pasti Fokusnya ke Jawa Pak sisanya pembangunannya terjadi di Jawa sentra politik juga di Jawa perdagangan juga di Jawa dan sebagainya kenapa seperti itu ya karena Nyi Roro Kidul sendiri Memang berasal dari Selatan Jawa 


    PERCERAIAN NYIRORO KIDUL DENGAN SOEHARTO 

    Begitu Soeharto berkuasa panjang memberikan kemewahan dan kebaikan buat rakyat indonesia selama bertahun-tahun akhirnya ada konflik antara Soeharto dengan istrinya yaitu Nyi Roro Kidul apa pasalnya Soeharto nya semakin serius semakin dekat kepada kalangan islamis dia bahkan mendirikan Ismi kemudian dia berhaji Bahkan dia kemudian mengganti namanya menjadi Haji Muhammad Soeharto sesuatu yang sangat ditakuti oleh Nyi Roro Kidul Nyi Roro Kidul kok suami saya jadi gini jadi religius akhirnya Apa akhirnya tumbal sesajen atau tradisi tradisi mistik Jawa semakin lama semakin tidak mendukung dia karena itu akhirnya nyirorokidul memutuskan untuk bercerai dengan Soeharto. 

    Kapan perceraian itu terjadi di saat yang sama ketika meninggalnya Ibu Tin Ibu Titin Tadi itu adalah wadah bagi Nyi Roro Kidul ketika perceraian itu terjadi maka ibu Tini meninggal Kapan meninggalnya tepat saat perayaan hari raya Idul Adha 11 Hijriah perceraian itu sendiri diputuskan oleh Nyi Roro Kidul dan mengambil angka itu sebagai demonstrasi sebagai penunjukan bahwa saya sakit hati terhadap orang-orang sehingga perayaan Iduladha itu dijadikan sebagai hari duka bagi Soeharto dan itu juga menunjukkan bahwa idul qurban atau perayaan menyembelih kambing dan sebagainya itu seharusnya diserahkan pada dirinya pada Nyi Roro Kidul bukan kepada Tuhan atau simbol terhadap Tuhan dan sebagainya itu begitu 

    Nyirorokidul lepas dan memang tak jauh setelah itu Soeharto mulai bingung dalam memerintah Indonesia banyak kebijakan-kebijakan Poli sama sekali tidak sesuai dengan karakter dirinya sebelumnya bahkan ketika Indonesia mulai tergerus oleh krisis ekonomi dan kemudian mulai terjadi banyak kerusuhan Soeharto nya malah kabur malah berkunjung ke negara yang lain yang menunjukkan bahwa Soeharto pada waktu itu bukan Soeharto yang sebelumnya Soeharto kali ini tidak lagi memiliki kesaktian karena telah bercerai dengan Nyi Roro Kidul akhirnya apa dia dilengserkan dalam sebuah peristiwa yang sangat memalukan Pada tahun 1998 2 tahun setelah Dia bercerai dengan Nyi Roro Kidul 

    Sampai sekarang Nyi Roro Kidul belum lagi punya suami. Jadi Apakah bahaya mau jadi suami Nyi Roro Kidul dan akhirnya berkuasa atas Nusantara silakan upayakan saya kabur saja Terima kasih karena sudah menyimak.


    DIKUTIP DARI VLOG GURU GEMBUL EPISODE 368 


    https://www.youtube.com/watch?v=h3CCF8-3yos